Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 01 Desember 2009

Mencoba memaknai arti dari ’HARI LAHIR’

Pertama, hari lahir berarti beban tanggung jawab yang semakin besar, tidak seperti anak-anak lagi yang selalu bergantung pada orang tua, yang remaja mulai memikirkan masa depan mereka, dan yang sudah dewasa mulai mempersiapkan diri pada kehidupan mandiri. (Aku masuk yg mana ya..he..). Yang jelas bertambahnya usia berarti beban tanggung jawab yang semakin besar, tidak boleh lagi bermanja-manja ria dengan segala aktivitas kesenangan tetapi sudah mulai belajar bertanggung jawab dengan semua amanah yang diberikan, baik itu amanah dari orang tua, maupun dari masyarakat.

Kedua, kematian yang semakin dekat. Usia kita yang bertambah bukan berarati kita telah bertambah usia hidup di dunia, tetapi justru semakin umur yang diberikan Alloh itu semakin berkurang. Tidak tahu kapan Dia akan memanggil hamba-Nya, yang perlu kita siapkan adalah kebermaknaan diri kita dalam kehidupan ini.

Ketiga, hari lahir adalah hari perjuangan penciptaan manusia. “…Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya…” (QS Al-Hajj (22): 5).
Hari kelahiran itu juga merupakan hari perjuangan seorang ibu yang dengan cintanya berjuang untuk kelahiran anaknya, kemudian sebuah perjuangan seorang ayah yang berdo’a untuk istri dan anaknya. Sebuah perjalanan proses penciptaan manusia. I love you...my Mom n My Dad... .Ya Allah berikan hamba kesempatan untuk senantiasa berbakti dan membahagiakan mereka…

Yang keempat, memahami tugas di bumi ini sebagai khalifah dan untuk beribadah kepada Alloh SWT. Semestinya semua perbuatan merupakan sebuah energi dan manifestasi kebaikan untuk semesta alam dan seisinya. Bukan pembawa keburukan yang merugikan. Wahai diri pahamilah kembali di ulang hari lahir itu manfaat apa saja yang telah kau berikan untuk semesta alam dan seisinya.

Robbi…
Betapa, sudah selayaknya kami menjawab kasih sayang~Mu dengan perbuatan terpuji..
Masa lalu adalah sejarah
Masa depan adalah misteri
dan hari ini adalah kanvas hadiah yang indah dari~Nya
* * *
Lukis kanvas hadiah itu dengan gambar dan warna terindah yang engkau punya dan semampu yang engkau bisa lakukan sambil bermohon petunjuk dari~Nya *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat...